Bussiness Plan

taraaaa! ini adalah hal puncak dari tugas kewirausahaan. tadi kita udah baca part 1 tentang rute baru, terus yang kedua tentang kok bisa sih kreatif. dannnnn….

oke, ide pertama yang muncul setelah nanti menjadi dokter adalah saya akan membuat klinik bersama istri saya yang sepertinya semoga dokter hewan (AMIN)*. klinik saya memiliki fasilitas penunjang yang lengkap, seperti laboratorium, ruang radiologi, ruang bedah, ruang opname yang dipisah antara penyakit infeksius dan non infeksius, juga UGD, dan tempat grooming. disebalahnya akan dibangun pet hotel sebagai penitipan hewan kesayangan ketika pemiliknya pergi.

ide yang kedua yaitu lebih ke bidang peternakan. saya ingin punya farm. terdapat sapi potong dan sapi perah yang akan difungsikan sebagai breeding dan fattening. disitu susu yang dihasilkan akan diolah menjadi produk-produk berbahan susu, dan sisanya akan dibagikan secara gratis untuk pekerja saya per bulannya. pekerja saya adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan dan saya ajak untuk bergabung. tidak hanya bergabung tapi saya juga mengajarkan ilmu-ilmu yang saya punya sehingga suatu saat mereka mampu membangun bisnis mereka sendiri. limbah kotoran sapi akan saya olah menjadi hal yang lebih bermanfaat seperti biogas, pupuk kandang, dan lain-lain. pupuk kandang saya akan berikan untuk memupuk sawah-sawah saya. sebagian sawah saya akan saya tanamin untuk makan ternak sapi dan kuda saya

saya juga akan membangun poultry shop dilingkup pedesaan sehingga peternak lebih mudah, efektif, dan efisien untuk mendapatkan kebutuhan ternaknya dengan harga terjangkau.

saya juga akan membangun stable kuda untuk kuda-kuda saya. saya akan mempekerjakan groomer yang berasal dari daerah saya sendiri. saya akan mengajari mereka terlebih dahulu agar mereka tidak ditendang kuda.

dihari tua saya, seperti yang sudah saya ceritakan di awal. saya akan membangun kos-kosan putri. dengan fasilitas kamar mandi dalam, pasti laku tuh!

 

Leave a Reply

